Pada hari pertama acara Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian kepada Masyarakat, Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMI) melaksanakan serangkaian kegiatan bakti sosial yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar. Acara ini berlangsung dengan sukses di Yayasan Rumah Belajar Sapa, Cakung, Kota Jakarta Timur, pada Jumat, 9 Februari 2024.

Berdasarkan agenda yang telah disusun, HIMI membuka hari pertama PKM dengan penyuluhan kepada anak-anak di yayasan. Para mahasiswa memberikan pembelajaran berharga dalam berbagai bidang, termasuk belajar berhitung dasar, belajar bahasa Inggris sederhana, dan belajar bahasa Arab.


Dalam sesi belajar berhitung dasar, anak-anak diajak untuk mengenal angka dan melakukan berbagai aktivitas interaktif yang memperkuat pemahaman mereka tentang konsep-konsep matematika dasar. Sementara dalam sesi belajar bahasa Inggris, mereka diperkenalkan dengan kosakata dasar dan frasa sehari-hari dalam bahasa Inggris melalui permainan dan lagu-lagu yang menyenangkan. Tak ketinggalan, dalam sesi belajar bahasa Arab, anak-anak dikenalkan dengan huruf Arab dan kosakata sederhana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Ketua HIMI menyatakan, “Kami sangat senang melihat antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ini. Kami berharap bahwa melalui pembelajaran ini, mereka dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka, serta membuka wawasan tentang dunia yang lebih luas.”

Partisipasi aktif dari anggota HIMI dalam penyelenggaraan kegiatan ini, didukung oleh semangat gotong royong dan kepedulian sosial, menciptakan atmosfer yang hangat dan penuh keceriaan di antara peserta. Acara hari pertama ini berhasil menunjukkan komitmen HIMI dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui upaya nyata dan berkelanjutan.